-->

CARA MENGHILANGKAN STRES SECARA ALAMI

CARA MENGHILANGKAN STRES SECARA ALAMI

STRES...............
Kelihatannya tidak ada yang bisa anda lakukan terhadap stress.  Tetapi anda harus bisa kontrol pikiran anda. Jika kontrol ada dalam pikiran anda maka anda akan dapat mengatasi dan menghilangkan stress.

1.      Keluarlah Sejenak , Hirup Udara Segar, dan Lihat Pemandangan
Saat anda dilanda stres maka langkah awal yang harus segera anda lakukan adalah dengan meninggalkan ruang, tempat, dan melepaskan kenatan anda sejenak untuk mencari udara segar seketika itu pula. Hal itu mampu menenangkan diri anda dari tekanan permasalahan yang mampu menggunjang kestabilan mental dan jiwa anda. Temukan tempat dengan udara yang segar dan memiliki pemandangan indah. Jika beban permasalahan masih mendera maka dipagi harinya anda bisa mencoba berjalan-jalan di pagi hari temukan tempat yang sejuk dan memiliki pemandangan indah namun terdapat sinar matahari pagi. Menurut penelitian ternyata saat tubuh terkena matahari pagi akan meningkatkan produksi vitamin D yang amna kan berdampak pula meningkatkan produksi hormon Serotonin dimana hormon ini juga dikenal sebagai hormon “Bahagia“, dengan demikian anda akan merasa lebih baik.
2.       Tenangkan Diri dan Bayangkan Tempat yang Indah Serta Nyaman
Jika dalam keadaan stres tetapi anda tidak mampu meninggalkan ruangan kerja untuk sekedar mencari udara segar maka anda bisa mencoba untuk menenangkan diri dan mengatasinya dengan imajinasi.
Dari sisi cognitive:
a.       Masalah di daya ingat
b.      Tidak mampu konsentrasi
c.       Cemas atau Pikirannya kemana mana
d.      Selalu khawatir
e.       Yang dilihat dan dipikirkan banyak negatifnya
Dari sisi Emosi:
f.       Moody
g.      Gampang marah
h.      Tidak bisa relax
i.        Merasa terkekang
j.        Merasa sendiri, kesepian dan terisolasi
k.      Depresi atau tidak bahagia

Ø Proses Terjadinya Stress
Pada dasarnya stres bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya.cara mengatasi yang paling sederhana :

·         Berkomunikasi
Melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres. Selain itu, bercerita kepada teman memungkinkan seseorang untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentan mengalami stres daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahannya dengan orang lain

·         Dengan memakan ice cream
Obat stress paling mujarab adalah dengan memakan ice cream. Ice cream ini, hanya dogemari oleh kalangan masyarakat unutk mengatasi yang melandah. Ice cream ini memiliki bervariasi rasa.komsumsilah ice cream ini, dengan sebaik mungkin, dan jangan terlalu sering, karena itu juga tidak terlalu baik bagi kesehatan.


Share this: