-->

Gaya Bahasa Orang berpendidikan dan tidak berpendidikan

Gaya Bahasa Orang berpendidikan dan tidak berpendidikan

Perbedaan yang condong antara orang berpendidikan dan tidak berpendidikan Orang berpendidikan: mereka hidup dilingkungan yang berakademik dan intelejensi jadi pribadinya pun akan terbentuk bersamaan dengan lingkungan pergaulan. Pola pikir pun beda, biasanya orang berilmu bicara pun hati hati dan selektif dalam memilih kata. Orang tidak berilmu: orang seperti ini hidup dalam lingkungan yang tidak mendukung dalam segi akademik dan intelejensi. Jadi pertumbuhan pribadinya pun bergantung dengan lingkungan dimana dia tumbuh. Yang menyebabkan mereka sering tidak stabil adalah karena orang yang dihadapi oleh lingkungan mereka tidak sama dengan lingkungan yang dihadapi oleh orang yang berilmu bahasa tukang becak dengan orang antor  Tukang becak mungkin lebih cendrung dengan bahasa sehari-hari  yang ia ucapkan berapa duit ongkos dari sini ke sana ?


 tetapi orang kantor dari cara bicaranya : Pa,berapa tarif harga dari tempat ini ke lokasi ? .Mungkin dari segi bahasa sudah terlihat jelas cara bicara nya,orang berpendidikan mampu memilah-milih kata sebelum ia ucaokan tetapi orang berilmu sangat mudah berinteraksi dengan kata asal bunyi tanpa pemikiran terdahulu.Itulah perbedaan dari segi bahasa.masih banyak dari perbedaan lain,seperti penampilannya pun orang kantor lebih elegan.

Orang Berpendidikan dan Orang yang tidak Berpendidikan dapat kita bedakan dengan mudah, adapun cara membedakannya sebagai berikut:
1. Dari Cara Berbicara, meliputi: gaya bahasa dan nada bicara,
2. Dari Cara Berpikir, meliputi: proses pemecahan masalah dan memutuskan suatu hal,
3. Dari Cara Berperilaku, meliputi: adab dan tata cara melakukan suatu hal
Dari 3 cara tersebut, dapat disimpul bahwa:
A. Ciri-Ciri Orang yang Berpendidikan sebagai berikut:
     1. gaya bahasa dan nada bicara yang digunakan terkesan lebih variasi dan terdengar sopan,
     2. dalam proses pemecahan masalah dan memutuskan suatu hal akan berpikir panjang kedepan dan akan
         hati-hati dalam memilih jalan mana yang akan ditempuh
     3. memahi adab-adab (adab bertamu, adab berterima kasih, dsb) dan mampu mengaplikasikannya dalam
         kehidupan sehari-hari, berperilaku yang baik sesuai nilai dan norma, dan dalam tata cara melakukan suatu hal dia akan melakukan secara step by step dan one by one.
B. Ciri-Ciri Orang yang tidak Berpendidikan sebagai berikut:
    1. gaya bahasa dan nada bicara yang digunakan kurang begitu terdengar mengenakan,
    2. dalam proses pemecahan masalah dan memutuskan suatu hal, hanya berpikir pendek untuk sekarang
        saja dan kurang hati-hati serta ceroboh dalam memilih jalan yang akan ditempuhnya,
    3. tidak memahami adab, berperilaku menyimpang tidak sesuai nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, dan dalam tata cara melakukan suatu hal seenaknya saja atau tidak menggunakan etika. Sebagai Generasi Muda Bangsa ini, saya prihatin dengan segala sesuatu yang terjadi di Masyarakat. dari masalah perekonomian sampai perpolitikan di negeri ini serta banyak penyimpangan yang dilakukan membuat negeri ini kacau balau. Rendahnya Pendidikan yang diraih membuat negeri ini miskin akan ilmu,  semua itu terjadi karena orang-orang tidak memiliki pegangan, tidak mempercayai adanya Tuhan.

marilah kita ubah negeri ini bersama-sama menuju kearah yang lebih baik. Dan siapakah yang dapat merubah semua? jawabnya adalah diri anda sendiri yang dapat mengubah semua....

Share this: