-->

Jenis Kerusakan Pada Kulkas

Jenis Kerusakan Pada Kulkas



Telah  kita  ketahui bahwa kulkas terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian listrik dan bagian yang dialiri oleh bahan pendingin. Kerusakan pada kulkas labih sering terjadi pada bagian listrik. Pada bagian ini banyak sekali komponen yang harus diperhatikan. Namun, untuk memudahkan dalam memperbaiki , kita lihat saja rangkaian kabel listrik kulkas yang akan diperbaiki.

1.  Kerusakan pada Bagian Listrik
Kerusakan pada bagian ini biasanya disebabkan oleh tidak benarnya arus listrik yang masuk. Arus listrik PLN kadang tidak stabil. Untuk pencegahan, sebaiknya kita memakai stabilizer. Jadi sebelum listrik masuk kekulkas sebaiknya melewati stabilizer terlebih dahulu.
Jangan pernah memasukkan aliran listrik yang voltasenya berbeda dengan yang tertera pada kompressor. Sebelum memulai pemeriksaan komponen listrik kulkas, terlebih dsahulu cek aliran listrik dari srop kontak. Lihat berapa besar tegangannya. Lakukan juga pemeriksaan pada kabel jeck dan seluruh jaringan kabel di kulkas. Lihat apakah ada yang terlepas atau terbakar. Jika ditemukan, langsung diganti atau diperbaiki. Setelah melakukan pemeriksaan arus dan kabel, hidupakan lagi kulkas. Kalau masih ada gangguan berarti ada komponen yang rusak.
2.  Kerusakan pada Bagian Aliran Bahan Pendingin
Pada bagian aliran pendingin, kerusakan sering terjadi karena ada kotoran didalam aliran sistem, kebocoran pada pipa sistem, kekurangan pada bahan pendingin, dan kekurangan pelumas kompressor. Kerusakan pada bagian listrik dengan bagian yang dialiri bahan pendingin memiliki saling keterkaiatan. Kerusakan pada bagian listrik akan menyebabkan kerusakan pada bagian aliran bahan pendingin. Begitu juga sebaliknya.
Sebaiknya, sebelum menemukan penyebab kerusakan. Kenali dulu gejala atau kondisi kulkas. Baca Juga: Gejala Kerusakan Kulkas Dan Cara Memperbaikinya

Share this: