-->

Konsep gender dan peran ganda perempuan

Konsep gender dan peran ganda perempuan

A.                Konsep gender dan peran ganda perempuan
1.      Pijakan teori tentang jender
Kajian teori tentang gender yang menjadi focus dalam telaah ini, pada dasarnya dapat di kaji dalam tataran ilmu sosiologi dengan menggunakan teori fungsionisme struktrural, teori dwifungsional, teori fungsionalisme gender, teori nasionalisme tindakan. Diantara teori tersebut,grand teory dari kajian ini adalah dwifungsional dan fungsionalsme gender, serta fungsionalisme operational theory adalah teori rasionalisme tindakan (Mahesa, 2004:36)

a.       Teori fungsionalisme struktrural
Teori fungsionalisme structural sebagai teori utama
Dalam mengkaji “gender”yang diasumsikan sebagai sebuah fenomena sosiologi berdasarkan jenis kelamin di dalam menentukan sifat-sifat yang berbeda antara pria dan wanita dalam melakukan sebuah tindakan .teori fungsionalisme structural melihat bahwa gender merupakan individu dari jenis kelamin yang berbeda dalam melakukan tindakan peran dikeluarga dan lingkungan sosialnya (malea,2001:62).
b.      Teori rasionalisme Tindakan
Implementasi gender berdasarkan tindakan dddapat di lihat dari penilaian rasionalitas tindakan. Rasionalitas tindakan dalam implementasi gender mengarah pada adanya persamaan pria dan wanita dalam mengambil peran yang banyak dalam sistem lingkungan keluarga dan lingkungan social . implementasi gender terhadap rasionalisasi tindakan merupakan apresiasi positif dalam elihat gender solusi yang tepat dalm membangun sistem (Frederick, 2005:15).
B.       Memahami Konsep Gender
Memahami konsep gender secara  jelas haruslah di bedakan terlebih dahulu antara kata gender dengan kata jenis kelamin (gender dengan sex) .pengertian jenis kelamin merupakan pensifatan atau pembagian dua jenis kelamin manusia yang ditentukan secara biologis, kelamin adalah kobinasi unsur-unsur anatomis, endoktrin, dan krooson sehinnga kita dapat member label pria dan wanita (Sugihastuti dan Sastriyani, 2007).   

     Ketidakadilan dan ketiksetaraan ditemui dalm berbagai bentuk antara lain :
a.    Gender dan marjinalisasi perempuan
b.    Gender dan subordinasi perempuan
c.    Gender dan stereotype
d.   Gender dan beban kerja
e.    Gender dan kekerasan

Sehubungan dengan peran ganda wanita ,dapan di kemukakan tinjauan sebagai berikut:
a)    Kedudukan tugas, fungsi, status dan peran wanita
b)   Peran wanita sebagai pengambil keputusan
c)    Peran perempuan dalam menciptakan rumah tangga bahagia


Share this: