-->

Penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif

A.    Penelitian kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah jenis penlitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur –prosedur statistic atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran).pendekatan kuantitatif memusatkan perhatian pada gejala-gejala yang mempunyai karakater tertentu di dalam kehidudpan manusia ysng di namakan sebagai variable.
            Menurut kasiram (2008) dalam bukunya metodogi penelitian kualitatif dan kuantitatif ,mendefinisikan penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.

B.     Karakteristik Penelitian Kuantitatif
Karakteristik penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut (Nana sudjana dan Ibrahim, 2001; Suharsimi Arikunto,2002; Johnson, 2005; dan kasiram 2008) :
1.      Menggunakan pola piker deduktif (rasional-empiris atau top-down), yang berusaha memahami suatu fenomena dengan cara menggunakan konsep-konsep yang umun untuk menjelaskan fenomena yang bersifat khusus.
2.      Logika yang dipakai adalah logika positivistik dan menghindari yang bersifat subjektif.
3.      Proses penelitian meliputi prosedur yang telah direncanakan.
4.      Tujuan dari penelitian kuantitatif adalah untuk menyusun ilmu nomotetik yaitu ilmu yang berupaya membuat hukum dari generalisasinya.



C.    Desain Penelitian Kuantitatif
Rencana design yang baik dapat menambah mutu hasil penelitian kuantitatif. Dengan mutu yang meyakinkan, penjelasan perihal hasil penelitian hanya bisa dikaitkan dengan yang ada didalam penelitian. Perihal ini bisa dicapai apabila peneliti dapat mengontrol faktor-faktor lain yang barangkali bisa merubah atau memiliki kontribusi untuk menjelaskan hasilnya.
Pada prinsipnya, desain didalam penelitian kuantitatif meliputi penentuan subjek dari tempat mana informasi atau data dapat didapatkan, teknik yang dipakai didalam pengumpulan data, serta prosedur yang ditempuh untuk pengumpulan, dan perlakuan yang dapat diadakan ( spesial untuk penelitian eksperimental).Rencana yang amat mutlak serta berkenaan dengan masalah desain yaitu validitas yakni seberapa jauh penjelasan ilmiah perihal satu fenomena cocok dengan kenyataan. Validitas bisa dibedakan jadi dua: internal serta eksternal. Validitas internal merujuk pada seberapa jauh apa yang dilihat, diukur, serta dianalisis cocok dengan kenyataan. Validitas eksternal merujuk pada kekuatan generalisasi .


Share this: