-->

Menangkap Dan Menampilkan Citra

Menangkap Dan Menampilkan Citra



Menangkap Dan Menampilkan  Citra
a.        Sekilas tentang pembuatan program visual basic
       Teknik pembuatan program dalam visual basic merupakan teknik pemrograman visual yang mudah sekali dikembangkan, bahkan oleh orang yang baru belajar membuat program . Basis dalam pemrograman ini Visual basic adalah bahasa basic.
Seperi halnya pemrograman visual yang lain, program yang dibuat dibentuk dari basic adalah menyusun from sehingga untuk membuat program dalam visual basic adalah  menyusun form dengan model yang diinginkan dengan menggunakan toolbox yang ada.
       Ketika program visual basic dibuka pertama kali akan muncul tampilan pada gambar .
Pilihan yang tampila adalah pilih project yang akan dikerjakan.dalam visual studio banyak jenis project yang dapat dipakai sesuai dengan keperluan dari plan (materi yang dikerjakan). Hal ini memudahkan pemakai unutk membuat program menggunakan visual studio.

Gambar1.1.Tampilan awal visual Basic
Sedangkan pada project pengolahan citra yang lebih advance dapatkan digunakan active EXE atau active control. Bila standar EXE dipilih dengan memilih open atau double klick  pada jenis projeck standar EXE maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini :

Gambar 2.2.Tampilan awal dari Form pada Project StandarEXE
Berikut adalah pembuatan objek-objek  yanga da toolbox seperti text, label, command button, checkbox, radiobutton, dan lain-lain.objek penting yang banyak digunakan unntuk keperluan pengolahan citra yang dibutuhkan yaaitu objek pictureBox. Pembuatan objek-obek tersebut  adalah diatur dengan mengatur propertinya. Sebagai contoh awal membuat form berikut . utnuk membuat form diatas digunakan toolbox picturebox dan commandbutton dengan pembuatan sebagai berikut
.
1)      Setelah muncul tampilan seperti gambar diatas, pertama kali diubah nama form dengan mengubah <NAME>  pada properties dan ubah form 1 menjadi form awal, kemudian <CAPTION>  pada property di ubah menjadi  form pertama VB.


Gambar 2.3.contoh form awal
2)      Setelah itu pilih objek (picture box) pada toolbox dan letakkan pada form dengan cara drag dan drop (menekan tombol kiri mouse sambil mengerakkan sampai pada posisi yang diinginkan pada form), dan ubah properties (picture) dengan nama file  dari file citra yang akan di tampilkan.
3)      Pilih objek (commandButton) pada toolbox dan letakan pada posisi yang di inginkan seperti gambar di bawah 2.3, ubah properties <caption> dengan selesai.
4)      Double Clik pada objek  CommandButton sehingga muncul tampilan seperti gambar .tempat ini merupakan untuk mengetik program atau perintah ketika button ditekan.
5)      Ketikkan program sehingga menjadi list-program berikut :
                                    Private sub CommandButton_Click()
                                    Unload Me
                                    End Sub

Perintah Unload Me  merupakan perintah untuk mengakhiri program dengan enutup form.
6)      Setelah itu program visual basic pertaa ini sudah selesai dan siap dijalankan .untuk menjalankan cukup dengan menekan tombol control<R> sehingga muncul tampilan seperti gambar di atas.
7)      Simpan project yang sudah dibuat dengan memiliki menu file dan pilih save project.kemudian berikan nama project dengan project1 , sedangkan nama form secara otomatis sudah sesuai dengan form name yang sudah di buat dari awal.

Gambar2.4 Tampilan Kode untuk Form Awal
`




Share this: